12/29/2011 05:47:00 AM
2
Dunia ilmu pengetahuan memang penuh misteri. Binatang dengan bentuk yang kecil dan tampak lemah sebenarnya punya kekuatan yang belum tentu dapat dilakukan manusia. Salah satu binatang kecil yang tengah diteliti para ilmuwan adalah kepiting. Menurut mereka, kepiting memiliki keistimewaan karena dapat berlari maraton selama lima hari berturut-turut.

Kini sejumlah peneliti dari Universitas Bristol mengamati kehidupan kepiting merah yang ada di daerah Burrows Pulau Christmas, Australia. Selama musim kering, kepiting-kepiting di pulau ini tidur dan bermalas-malasan di lubang-lubang di dalam maupun luar pasir. Namun ketika memasuki musim hujan, terjadi perubahan yang dramatis pada mereka.

Saat musim hujan, mereka tiba-tiba menjadi sigap dan kuat. Kepiting-kepiting itu juga mampu berlari selama lima hari. Apa yang terjadi? Menurut para peneliti, terjadi perubahan pada otot kaki kepiting ketika memasuki musim hujan karena mereka harus melakukan migrasi. "Otot kaki yang semula lembek menjadi keras dan kuat," kata Progfesor biologi dari Universitas Bristol, Mark Viney.

Hanya dengan pemanasan selama sepuluh menit, dia mengatakan ribuan kepiting itu dapat berlari 12 jam dalam sehari selama lima hari tanpa istirahat atau berhenti sejenak. Menurut Viney, otot yang ada pada kepiting memang berbeda, sebagaimana perbedaan antara otot kaki dengan otot yang bekerja pada jantung. "Karena fungsinya juga berbeda-beda," katanya.

Kini, para peneliti masih menganalisa secara genetis apa penyebab perubahan otot pada kaki kepiting tersebut. Caranya, dengan mengambil contoh otot kaki kepiting selama musim kering dan musim hujan pada saat mereka bermigrasi.  (Sumber: tempointeraktif) 

2 comments:

  1. singgah sini dan follow. follow me at speechless009.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. ape bende kepiting ni e senanye,, nape tak letak picture??

    aku follow sini,, klo sudi datanglah blog aku.. :)

    ReplyDelete