1/10/2013 09:00:00 AM
0
Di sembilan kali kejuaraan FIFA Club World Cup Championship, klub Eropa masih unggul dengan lima kali juara, sedangkan klub Amerika Latin empat kali juara. Tapi dari keempat klub Amerika Latin itu semuanya diborong klub asal Brazil. Selain dari itu Brazillah negara yang menyumbangkan klub terbanyak juara.

Kemarin klub yang menjadi juara adalah Corinthians yang menundukkan wakil Eropa Chelsea 1-0. Bagi Corinthians, inilah kedua kalinya mereka juara sejak FIFA Club World Cup Championship digelar tahun 2000. Saat itu mereka menang atas sesama klub asal Brazil, Vasco da Gama. Brazil yang saat itu sebagai tuan rumah memiliki satu jatah klubnya berlaga di babak final. Dan karena dari zona Amerika Latin yang jadi juara champion zona tersebut (Copa Libertadores) adalah klub Brazil maka dua klub dari Negeri Samba itu berlaga di babak final. Menariknya keduanya lolos hingga final.

Tahun ini Jepang kembali menjadi tuan rumah dan mendapatkan jatah satu tiket yang diwakili juara Liga Jepang Sanfrecce Hiroshima. Sedangkan wakil Asia adalah Ulsan Hyundai yang juara AFC Champions League 2012. Kedua wakil Asia tersebut gagal masuk semifinal. Babak semifinal diwakili klub dari Amerika Latin (Corinthians, Brazil), Eropa (Chelsea, Inggris), Concacaf (Monterey, Meksiko), dan Afrika (Al Ahly, Mesir).

Kejuaraan klub dunia sempat pasang-surut di awal. Kejuaraan yang dulu bernama Piala Toyota ini kemudian diambil-alih FIFA tahun 2000. Namun sempat mandek empat tahun berikutnya hingga baru kembali bergulir tahun 2005. Berikut klub juara FIFA Club World Cup Championship.

 
Tahun
Tuan rumah
Juara
Runner-up
2000
Brazil
Corinthians (Brazil)
Vasco da Gama (Brazil)
2005
Jepang
Sao Paulo (Brazil)
Liverpool (Inggris)
2006
Jepang
Internacional (Brazil)
Barcelona (Spanyol)
2007
Jepang
AC Milan (Italia)
Boca Juniors (Argentina)
2008
Jepang
Manchester United (Inggris)
LDU Quito (Ekuador)
2009
Uni Emirat Arab
Barcelona (Spanyol)
Estudiante (Argentina)
2010
Uni Emirat Arab
Inter Milan (Italia)
Mazembe (Congo)
2011
Jepang
Barcelona (Spanyol)
Santos (Brazil)
2012
Jepang
Corinthians (Brazil)
Chelsea (Inggris)


 

0 comments:

Post a Comment