8/27/2012 01:34:00 PM
0
review buku sekolahnya manusiaGambaran Umum Buku Sekolahnya Manusia
Buku Sekolahnya Manusia menyoroti pendidikan formal di Indonesia yang berbentuk sekolah. Dalam hal ini yaitu peran sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di lapangan baik secara teknis maupun praktis.
Munif Chatib, penulis buku ini mengatakan banyak sekolah yang sadar atau tidak malah membunuh banyak potensi siswa-siswa didiknya. Beliau memberi judul buku ini Sekolahnya Manusia dikarenakan banyak sekali sekolah di Indonesia ini yang menganut Sekolahnya Robot. Secara singkat Sekolahnya Robot hanya mengajarkan aspek kognitif saja dan hasil atau kualitasnya hanya ditentukan dari tes lisan maupun tertulis. Sedangkan sekolahnya manusia adalah sekolah berbasis Multiple Intelligences, yaitu sekolah yang menghargai berbagai jenis kecerdasan siswa.
Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences
Strategi pembelajaran memang memiliki nilai positif lebih banyak ketimbang strategi lainya, setiap guru bebas memilih dan merancang proses pembelajaranya sendiri. Setiap daerah dan bahkan antara sekolah satu dan lainya saling berbeda. Hal ini merupakan keuntungan dalam bidang perencanaan proses pembelajaran sekaligus kelemahanya.
Pelaksanaan strategi Multiple intelligences akan sangat sulit bila menitik beratkan hanya kepada satu kecerdasan, dan itulah yang kerap ditemui para guru. Untuk memudahkan pelaksanaanya, langkah awal haruslah difokuskan pada model aktifitas pembelajaran dahulu, baru setelah itu analisis terhadap aktivitas tersebut berkaitan dengan kecerdasan apa saja. Beberapa aktivitas menarik untuk pembelajaran adalah sebagai berikut:
Ü  Teater Aristoteles
Di sebuah tempat yang rindang dan nyaman, siswa-siswa bergiliran mempresentasikan materi pelajaran yang menurut dia paling sulit, layaknya gaya Aristoteles mengajar murid-muridnya zaman dahulu.
Ü  Movie learning
Sebelum pemutaran film, siswa dibagi beberapa kelompok kemudian diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan film tersebut. Di akhir pertemuan, setiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan mendiskusikanya bersama-sama.
Ü  Be a Discover
Strategi pembelajaran yang mana setiap siswa mengalami kejadian pembelajaran dengan sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya menemukan makanan kelinci, menjadi kasir dan lain sebagainya.
buku sekolahnya manusiaMerancang Strategi Pembelajaran
Beberapa faktor yang menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam merancang dan mendesain strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan gaya belajar siswa diantaranya:
1)      Paradigma pembelajaran
Pola belajar sejatinya ada dua yaitu: pertama, guru mengajar atau memberikan presentasi; kedua, siswa belajar atau siswa beraktivitas. Proses transfer pengetahuan dalam pembelajaran akan berhasil apabila waktu terlama difokuskan pada kondisi siswa beraktivitas. Proses ini akan lebih cepat apabila didukung dengan suasana yang menyenangkan. Guru harus meyakini bahwa ketika guru mengajar, belum tentu siswa ikut belajar.
2)      Modalitas Belajar
Terdapat tiga macam modalitas yaitu: visual seperti warna, gambar, tabel diagram, grafik peta pikiran dll; Auditorial meliputi bunyi, suara, musik, irama, cerita, dialog, tanya jawab, syair dll; Kinestetik seperti gerak tubuh, emosi, koordinasi dll. Untuk meancang pembelajaran yang terbaik adalah gunakanan modalitas tertinggi yaitu kinestetik dan visual dengan akses informasi melihat, mengucapkan dan melakukan.
3)      Memori Jangka Panjang
Mengaitkan materi yang diajarkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung keselamatan hidup.
4)      Muatan Emosi yang Kuat
Menyampaikan materi kepada siswa dengan melibatkan emosinya. Hindarkan pemberian materi secara hambar dan membosankan.
5)      Punya Arti
Melibatkan partisipasi siswa untuk menghasilkan manfaat yang nyata dan dapat dirasakan langsung oleh orang lain. Siswa merasa mempunyai kemampuan untuk menunjukkan eksistensi dirinya dengan kata lain perbuatan tersebut memiliki arti yang sangat dalam dirinya.
6)      Diulang-ulang
Menjadi Guru Multiple Intelligences
Guru adalah kunci kualitas sebuah sekolah. Beberapa syarat mendasar untuk menjadi guru profesional adalah:
1)      Bersedia untuk selalu belajar
2)      Secara teratur membuat rencana pembelajaran sebelum mengajar
3)      Bersedia diobservasi
4)      Selalu tertantang untuk meningkatkan kreativitas
5)      Memiliki karakter yang baik

0 comments:

Post a Comment