8/22/2012 02:29:00 PM
0

1. Zulfiqar

adalah pedang terkenal dalam sejarah islam yang dimiliki oleh imam ali, dari banyak catatan sejarah, nabi muhammad saw mempersembahkan zulfiqar ini kepada ali muda di pertempuran uhud. Selama pertempuran, ali banyak menghempaskan musuh dengan pedang ini. Dari kebanyakan catatan sejarah yang ada, ali lebih sering menggunakan pedang ini terlebih pada saat di pertempuran parit yang ketika itu lawannya adalah amr bin abdawud, yang kekuatannya satu dibandingkan seribu orang. Dengan pedang ini ali membunuhnya dengan satu pukulan yang kuat meskipun amr memakai baju besi yang kuat dan membawa senjata ampuh. Pedang ini adalah salah satu simbol tertua dan paling terkenal dalam sejarah islam. Pedang ini juga pernah digunakan dalam pertempuran karbala oleh imam husain.


2 Excalibur
Excalibur adalah pedang raja arthur yang legendaris, kadang-kadang dihubungkan dengan kekuatan magis atau berhubungan dengan kedaulatan yang sah dari britania raya. Kadang excalibur dan pedang di stone (bukti keturunan arthur) dikatakan sebagai senjata yang sama, tetapi di sebagian besar versi mereka dianggap berbeda. Pedang ini dikaitkan dengan legenda arthur pada periode awal. Dalam welsh, pedang disebut caledfwlch.

Nama Excalibur berasal dari bahasa Perancis kuno Excalibor, yang berasal dari bahasa Latin Caliburnus. Dalam legenda Arthur, ada dua cerita mengenai asal pedang ini. Yang pertama adalah legenda "Sword in the Stone", pertama muncul dalam puisi Robert de Boron Merlin, di mana Excalibur hanya dapat ditarik dari batu oleh orang yang berhak menjadi raja, yaitu Arthur. Dalam versi kedua, yang muncul dalam Suite du Merlin, Arthur menerima Excalibur dari Lady of the Lake setelah pedang pertamanya rusak dalam pertempuran melawan raja Pellinore.


3. Kusanagi-no-tsurugi
Kusanagi-no-tsurugi adalah pedang legendaris di jepang dan merupakan salah satu dari tiga tanda kerajaan jepang. Pedang ini pada awalnya disebut ama-no-murakumo-no-tsurugi ("pedang awan surga ") tapi namanya kemudian diubah menjadi lebih populer kusanagi-no-tsurugi ("pedang pemotong rumput").

Pada masa pemerintahan kaisar xii, pedang ini dibuat untuk yamato takeru, yang memimpin dalam perang padang rumput terbuka. Musuhnya merencanakan akan rumput hingga yamato mati. Dalam keputusasaannya, yamato mulai memotong rumput yang berkobar dengan pedangnya tersebut dan ia sungguh takjub bahwa pedang tersebut mampu mengendalikan angin. Dengan menggunakan kekuatan pedang ini, yamato membabat habis musuh-musuhnya dan mengalahkan mereka. Setelah yamamoto tewas dalam sebuah pertempuran besar tahun 1371, pedang ini hilang di laut dan sejak itulah kusanagi dikatakan telah hilang selamanya.


4. Pedangnya Salahuddin Ayyubi
Saladin, jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit. Pedang ini dibuat dari baja damascus yang sangat keras namun lentur karena memiliki kandungan CNT (carbon nanotubes). Katanya pedang ini sangat tajam, saking tajamnya bisa dengan mudah menembus baju zirah renald de chatilon.
Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

Sumber : Kaskus.us dan Wikipedia

0 comments:

Post a Comment