8/18/2012 03:02:00 PM
0







Mandiri Sebagai karakter dan kepribadian, mandiri sebagai karakter bangsa yang harus ditanamkan kepada peserta didik seperti yang sudah di bahas pada posting pentingnya pendidikan karakter  bangsa. Pengertian mandiri sebagai sebuah karakter menurut panduan penerapan karakter bangsa adalah : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.Yaitu sebuah  karakter yang harus ditanamkan sejak dini sejak mereka sekolah dan lebih jauh lagi sejak mereka lahir karakter ini harus dinamkan oleh kedua orang tua mereka di samping karakter-karakter lain.

Menanamkan karakter pada peserta didik bukan dengan pemberian teori atau konsep karena karakter bukan merupakan ilmu pengetahuan tapi harus dengan contoh nyata misalnya dari  tua, guru, pejabat dan tokoh panutan lain. Kalau di dunia pendidikan khususnya disekolah tentu harus diberi contoh oleh guru seperti yang sudah dibahas dalam posting menanamkan karakter dengan contoh.  
Sebagai bagian dari karakter maka mandiri dalam pembelajaran misalnya untuk memahami sebuah konsep ilmu dalam pembelajaran perlu usaha-usaha dari individu siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi  di bawah bimbingan guru. Kemandirian pada peserta didik bisa juga dilatih ketika diberikan tugas-tugas oleh guru baik yang dikerjakan di sekolah maupun di rumah apakah itu sebuah tugas individu maupun tugas kelompok.
Misalnya dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan keterampilan  yaitu sebagai pembelajaran yang berpusat pada siswa peserta didik difasilitasi guru untuk  memperoleh pengetahuan yang luas dengan melibatkan siswa maka hal tersebut  untuk menanamkan sifat mandiri, berfikir logis kreatif dan kerja sama. Karena manusia sebagai makhluk sosial selain dituntut kemandirian juga harus bisa bekerja sama  dalam masyarakat. Contoh kedua untuk mandiri adalah ketika guru membimbing peserta didik melakukan praktek di laboratorium, bengkel kerja atau  lapangan  maka peserta didik dituntut untuk tidak tergantung kepada teman juga ke pada guru. 
  

Mandiri Sebagai Kepribadian 


Kemandirian  selain sebagai bagian karakter adalah merupakan sifat bawaan manusia  sejak lahir akan berupaya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan bisa melakukan sesuatu pekerjaan tanpa bantuan orang tua dan sifat sifat yang lain misalnya tenang(calm) ternyata bisa digabung dengan kemandirian (independet).  Sebagian para ahli ada yang menghubungkan antara warna dan karakter seseorang misalnya untuk ketenangan dan kemandirian ( calm and independen ) dengan warna putih semburat biru. Lebih jauh lagi kesukaan akan warna menunjukan sifat dari ketenangan dan kemandirian tersebut sebagai contoh penulis sendiri.
Mengapa memberi contoh diri sendiri? Jawabnya ya biar gampang karena kalau memberi contoh oarang lain takut salah dan yang bersangkutan bisa protes tapi kalau contoh diri sendiri ya paling orang bilang narsis neh pak guru.
Penulis adalah seorang guru yang sekarang bertugas di sebuah SMK Negeri di Kab Garut  saya mengajar  mata pelajaran Fisika sebagai pelajaran normatif adaftif . Sebelum nya bertugas sebagai guru Fisika SMAN 4 Bogor. Selain sebagai guru penulis mengaku sebagai blogger yang mengelola blog gurubelajar.com dan fisikasmasmk.blogspot.com untuk blog bahasa indonesia dan yang berbahasa Inggris ada satu domain hosting berbayar serta 3 blogspot gratis


Tujuan ngeblog adalah  menyalurkan hoby menulis, yang di tulis  tentang  apa saja. Mulai dari pengalaman pribadi, blogging, pengalaman pekerjaan, kadang ikut menulis politik, ya sekedar  ikut-ikutan beropini. Awal mulanya bloging karena merasa tertarik dengan  anak didik saya yang pada punya blog akhirnya keterusan  jadi hoby.  Karena ternyata negeblog banyak manfaatnya  misalnya mengalihkan hoby saya yang asalnya mancing jadi blogging sebetulnya mancing bukan hoby yang negatif mancing juga banyak manfaat misalnya dalam mancing perlu kesabaran dan ketenangan juga kemandirian. Tapi setelah saya bloging mancing jadi tidak sempat.


sebelum hoby ngeblog saya hoby mancing
Dan yang terakhir ngebog ternyata bisa menghasilkan uang walau uang yang didapat bagi saya belum seberapa, alias  masih recehan ya namanya juga blogger pemula tapi lumayan juga buat ganti pulsa.
Anak didik saya bilang bahwa  saya guru gaul alasannya mungkin pada waktu awal mula ada sosial media seperti frendstar dan facbook mungkin saya sebagai guru yang pertama kali buat akun belakangan ini saya malah lebih aktif di twitter  dengan nama akun @gurubelajar  sama dengan blog pribadi yaitu gurubelajar.com. 
 
Saya sangat dekat dan akrab dengan anak didik saya  padahal menurut sebagian orang waktu PBM di kelas  saya  jaim  dan jarang senyum kata mereka tapi di luar kelas saya akrab sama anak-anak. Anak-anak didik saja sering curhat sama saya macam-macam curhatnya mulai dari masalah pelajaran sampai masalah pribadi baik siswa putra maupun putri. Sehingga ketika aku masih mengajar di SMAN 4 Bogor hampir tiap tahun di akhir tahu ajaran  sering jadi guru terpavorit.
  
Yang menjadi kebahagiaan seorang guru adalah pada saat menyaksikan anak didiknya sudah berhasil menjadi orang yang jadi harapan keluarga, berguna buat bangsa dan negara sebagai contoh misalnya pada tahun 2005
zaman dulu ketika mereka SMA


 dan tujuh tujuh tahun kemudian 2012


Dany, Hendra, yeri, pak asep, Dimas


Ketika saya tanya mengapa memilih saya sebagai guru  pavorit alasannya sederhana katanya “saya guru yang calm dan tidak pernah atau jarang marah saat di kelas”.  Sebetulnya sih pernah juga marah sebab "guru juga manusia" mungkin karena saya marah dengan pembawaan orang calm kelihatan tidak marah menurut orang lain . Ketika mereka lulus  dan  kuliah, bekerja setelah lama kemudian mereka sering menyempatkan diri berkunjung ke rumah misalnya murid  alumni tahun 2005 Dani. Yeri. Dimas ,Hendra sengaja datang ke rumah di Garut Jawa Barat. Walau sekarang rumah saya di desa yang berada di kaki bukit



Walau saya dikatakan gaul tapi saya tetap  kalau berbicara selalu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar lho.. tidak pernah ikut menggunakan bahasa alay baik dalam bahasa lisan maupun bahasa tulisan alasannya sederhana  bahasa gaul hanya dimengerti sebagian orang tapi bahasa resmi yang baik dan benar dikuasai oleh banyak orang.  Seperti sehari hari saya menulis di blog pribadi  ini atau blog untuk belajar anak-nak  fisikasmasmk. Yang  semuanya berwarna biru warna biru ini rupanya bukan kebetulan tapi memang sepertinya saya suka warna biru. Dan secara  sadar atau tidak sadar saya selalu  membeli barang atau keperluan warna biru sampai membeli tas buat anak saya juga warna biru. Istri saya juga membelikan kain batik buat saja berwarna biru.

Jadi guru zaman dulu di tengah anak didik

guru masa kini diantara anak didik gurunya yang berkumis
Guru harus punya notbook
Seperti yang sudah dibahas pada posting sebelumnya yaitu  Guru Belajar Teknologi Internet  Komputer  maka untuk keperluan itu guru juga harus memiliki netbook  karena banyak guna dan manfaatnya sebagai penunjang  profesi serta  turut meningkatkan kinerja guru  sekarang  saatnya ujian kompetensi dan penilaian kinerja guru.
Saat ini saya online dan blogging sehari hari menggunakan  netbook jadul yang sudah lama saya beli dari uang tunjangan Profesi pertama kali saya dapat. Namanya juga netbook jadul banyak kelemahan. Rata-rata keluaran lama memiliki hardisk kapasitas  kecil  sehingga sudah hampir penuh dengan data misalnya administrasi pembelajaran, kumpulan soal, ebook, totorial blog , e-book pembelajaran, Flash  pembelajaran.  Sehingga untuk menyimpan data saya menggunakan hardisk eksternal. Tapi kendalanya menjadi agak repot karena barang bawaan saya sehari-hari menjadi bertambah banyak.  Kadang hardisk eksternal suka lupa tertinggal sehingga ketika saya mau melakukan PBM dengan menggunakan power point kadang file tertinggal sehingga saya mengajar dengan cara manual di papan tulis.  Terakhir kemarin sebelum libur  dapat tugas  menjadi pemateri pada acara MOPD  ternyata netbook saya  kemarin bertambah lagi keluhannya yaitu baterainya sudah ngedrop  akhirnya saya memakai netbook punya anak-nak OSIS.  Seorang anak didik dari program Multi Media ada yang bilang “pak  netbooknya  harus di Lembiru”   sambil nyengir dia bilang “lempar beli yang baru”  harusnya  memang beli  baterai baru tapi kayaknya seperti kata anak OSIS tadi lebih baik beli netbook baru.
Memang sih seharusnya saya punya netbook baru karena selain untuk kebutuhan profesi sehari-hari diperlukan juga buat online dan bloging selain itu sekarang  menghadapi ujian kompetensi guru yang akan dilaksanakan online.
Secara tidak sengaja ketika saya melakukan  kegiatan rutin  yaitu blogwalking saya  menemukan bahwa  netbook Sony VAIO E seri 14P,  adalah netbook terkini  produk sony  dengan  ukuran 14 inch  yang cocok untuk semua orang yang menggunakan komputer setiap hari seperti saya. Dilengkapi dengan  generasi ketiga Intel Core i7 CPU dengan AMD Radeon HD 7670M GPU diskrit (VRAM 1GB), notebook ini akan memuaskan kebutuhan sehari-hari tanpa stress. Dengan desain yang unik dan bervariasi, semua orang bisa mengekspresikan gayanya dengan VAIO E terbaru seri 14P. Sony VAIOE seri 14P memiliki berbagai varian warna sesuai dengan selera menurut orang warna itu selain menunjukkan serela juga kepribadian.
 Saya langsung jatuh cinta melihatnya terutama yang berwarna putih semburat biru karena warna itu ya saya suka. Warna putih semburat biru adalah warna biru muda atau biru langit atau mendekati warna cyan  yaitu campuran adisi dari warna biru dan hijau. Warna putih semburat biru  adalah putih degradasi biru menunjukkan kepribadian  calm dan independent.
 
Bisa jadi sih menurut, anak  dan istri saya calm termasuk menurut anak didik saya  juga di kelas saya termasuk calm mengenai independent nya tentang apa? saya merasa sebagai pribadi yang mandiri dengan kebebasan yang bertanggung jawab yaitu bebas mengekspresikan diri sebagai individu, tidak tergantung kepada orang lain baik dalam melaksanakan tugas pekerjaan,  sebagai kepala keluarga, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia serta berkarya semampu saya dengan tidak luput menjunjung tinggi hukum, aturan, norma yang berlaku

0 comments:

Post a Comment