8/18/2012 03:04:00 PM
0
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di berbagai bidang termasuk teknologi internet maka dunia pendidikan juga harus menyesuaikan diri  mengikuti perkembangan.  Guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan, maka untuk menunjang pekerjaannya yang sekarang sudah  menjadi profesi  berdasarkan undang undang guru dan dosen. Semua Guru harus belajar teknologi internet dan komputer. 


Guru sebagai Profesi dengan tugas utamanya adalah mendidik, merencakan pembelajaran , mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.  Mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sampai pendidikan  menengah. Harus memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesi. Maka untuk menunjang hal tersebut harus didukung oleh penguasaan teknologi teranyar terutama teknologi komputer dan Internet.
  
Semua Guru tidak boleh gaptek
Sebagian guru banyak yang masih gaptek terutama mereka yang sudah jadi guru sejak lama atau senior karena selama mereka kuliah teknologi komputer dan internet belum sebanyak sekarang Kalau sekarang penggunaan  internet murah juga sudah menyebar kepelosok desa. Mahasiswa zaman dulu masih akrab dengan mesin ketik yang sekarang sudah menjadi barang antik.  Namun sebagai tenaga profesional, guru tidak boleh gaptek (gagap teknologi) Semua guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan  ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Mengapa demikian? Jawabannya
  1. Peserta didik  selain diajarkan moral dan karakter bangsa yang baik juga belajar teknologi yang harus diberi contoh dalam elaborasi serta ekplorasi terhadap ilmu pengetahuan oleh guru jadi sebelum peserta didik maka gurunya harus mahir. Karena pembelajaran karakter perlu diberi contoh nyata daro orang yang lebih dewasa oleh orang tua atau guru seperti yang sudah dibahas dalam menanamkan karakter melalui contoh.
  2. Untuk pemetaan kompetensi guru mulai tahun 2012 diadakan uji kompetensi guru yang dilakukan secara online melalui situs ukg.kemdikbud.go.id.
  3. Penguasaan guru terhadap teknologi komputer dan internet menunjang kinerja.
  4. Penguasaan guru terhadap IT turut menyumbang kelancaran pembelajaran. Karena sekolah sudah banyak yang menggunakan pembelajaran online.
  5. Guru adalah motivator terutama bagi anak didik jadi sedikit atau banyaknya bila guru mampu menguasai teknologi maka akan menambah motivasi bagi peserta didik

Hubungan Mahir Komputer dengan Kinerja Guru

Dari poin no 3 di atas lebih jauh penulis  akan berbagi opini di sini yaitu apa hubungannya penguasaan teknologi dengan kinerja guru? Sesuai dengan yang sudah dijelaskan  bahwa tugas guru :
  1. Guru sebagai perencana pembelajaran, dalam tugasnya guru harus membuat administrasi pembelajaran  berupa  program  tahunan,  program semester, pengembangan silabus, membuat RPP (Rancangan Program Pembelajaran) yang kesemuanya disebut dengan perangkat pembelajaran. Hal ini tentu harus di sajikan secara otentik terdokumentasi maka berdasarkan  hal tersebut setiap guru harus bisa mengetik dengan  komputer  minimal program microsoft office word. . Memang ada sebagian guru yang dengan alasan sibuk mereka tidak sempat membuat Perangkat pembelajaran sehingga perangkat pembelajaran cukup copas punya orang punya teman sesama guru  tapi hal ini tentunya sangat tidak baik karena kalau orang lain yang membuat perencanaan kadang tidak sesuai dengan karakter peserta didik kita. Sekarang sudah banyak penyedia perangkat pembelajaran secara online maupun gratis yang tersedia di internet guru-guru atau calon guru bisa unduh dengan gratis tapi itu semua kan hanya sebagai bahan perbandingan saja seperti juga punya saya yang disediakan page statis untuk perangkat pembelajaran atau disebut juga administrasi guru.
  2. Guru bertugas membimbing peserta didik di kelas, di laboratorium atau bengkael kerja  terhadap peserta dalam pembelajaran. Dalam penyampaiannya bila guru menguasai komputer maka bisa menggunakan sofware untuk presentasi yaitu  microsoft office power point seharusnya bahan presentasi juga dibuat dan disiapkan  guru sendiri. Karena dalam pembelajaran guru minimal harus menyampaikan tujuan pembelajaran atau tujuan pembelajaran harus diinformasikan kepada peserta didik di awal pembelajaran.Lebih jauh lagi menyampaikan konsep dengan mocrosoft office power point atau dengan animasi akan lebih menarik bila dibanding dengan guru menuliskannya di papan tulis yang masih menggunakan spidol dan white bord dan sebagian besar sekolah di tanah air masih banyak yang menggunakan papan hitam dan kapur.
  3. Guru memiliki tugas menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Evaluasi memiliki fungsi sebagai umpan balik untuk memberi masukan dalam  langkah selanjutnya. Pemberian nilai kepada peserta didik harus sesuai dengan hasil yang mereka dapat hal ini selain merupakan reward juga akan memberi motivasi peserta didik untuk terus belajar dan berkompetisi secara sehat.  Maka dengan menggunakan komputer misalnya microsoft office ecxel perhitungan nilai akan lebih mudah dibanding dengan cara manual.
Penggunaan komputer sebagai alat mengetik untuk membuat administrasi adalah tentu sebagai teknologi minimal yang harus dikuasai oleh guru maka untuk lebih jauh lagi ditambah dengan internet di mana guru bisa membuat web atau blog untuk menulis dalam rangka menyuarakan opini yang bisa dibaca oleh umum, oleh sesama guru atau membuat tugas materi pembelajaran untuk peserta didik.  Ini opini saya bagai mana dengan anda sobat?

Read more: http://www.gurubelajar.com/2012/07/guru-belajar-teknologi-internet-komputer.html#ixzz23snkIVNo

0 comments:

Post a Comment