8/31/2012 04:18:00 PM
0


osteoarthritis
MULTI PASTE - Osteoarthritis adalah peradangan pada persendian yang diakibatkan oleh adanya kerusakan tulang rawan.  Tulang rawan adalah zat protein yang berfungsi sebagai "bantal" antara tulang-tulang sendi.  Osteoarthritis sering mempengaruhi sendi pada tangan, kaki, tulang belakang, serta sendi yang menahan beban yang lebih berat seperti pinggul dan lutut.

Nyeri di lutut yang dirasakan ketika naik tangga atau nyeri saat bergerak tiba-tiba, tak boleh disepelekan, ada kemungkinan anda menderita osteoathritis.  Dilaporkan olehMedicineNet.com bahwa osteoarthritis telah mempengaruhi lebih dari 25 juta orang di Amerika Serikat.  Osteoarthritis lebih sering terjadi pada laki-laki setelah usia 45 tahun, dan pada wanita setelah usia 55 tahun.

Peradangan sendi ini dapat dikenali dari gejala-gejala yang timbul, seperti persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan.  Pada mulanya hanya terjadi pada pagi hari, tetapi apabila dibiarkan akan bertambah buruk dan menimbulkan rasa sakit setiap melakukan gerakan tertentu, terutama pada waktu menopang berat badan, tetapi bisa membaik bila diistirahatkan.

Pada beberapa penderita, nyeri sendi dapat timbul setelah istirahat lama, misalnya duduk di kursi atau di jok mobil dalam perjalanan jauh.  Terkadang juga dirasakan setelah bangun tidur di pagi hari.  Gejala lainnya dalah pembengkakan/peradangan pada persendian yang menimbulkan warna merah pada area yang sakit.

Untuk menghindari osteoarthritis, beberapa hal dapat dilakukan diantaranya berolah raga, menjaga berat badan agar tidak berlebihan, mongkonsumsi makanan sehat, dan meminum suplemen sendi tentunya atas konsultasi dan anjuran dokter.

Pengobatan terhadap peradangan ini adalah dengan edukasi kepada pasien, olah raga ringan, modifikasi aktivitas keseharian yang sesuai, pengobatan dengan menggunakan glukosamin dan kondroitin, terapi alternatif suntik sendi, dan yang paling serius dilakukan adalah operasi pembedahan.

Akhirnya, mulai sekarang biasakan hidup sehat, berolah raga dengan teratur dan jika anda tidak termasuk orang yang menderita radang sendi atau osteoarthritis, ucapkanlah Alhamdulillah...

0 comments:

Post a Comment