8/22/2012 02:57:00 PM
0
jokowi-gak-habis-pikir-menjelang-lebaran-ada-aksi
Jokowi masih tidak habis pikir mengapa Solo harus menghadapi teror dalam dua hari berturut-turut. "Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa teror itu dilakukan di Solo," kata Jokowi di Solo seperti dikutip dari tribunnews.com (19/8). Pada hari Jumat (17/8/2012), orang tak dikenal menembaki pos pengamanan Lebaran di Pospam 5 Gemblegan Serengan Solo dan menyebabkan dua anggota polisi terluka. Mereka mengendarai sepeda motor dan beraksi pada malam hari. Lalu esoknya terjadi ledakan pada hari Sabtu pukul 23.32 di Pos Pengamanan Lebaran di Pos Gladak, Solo. Bahkan serangan itu dilakukan dengan menggunakan granat, dimana granat adalah sesuatu yang tidak bisa sembarangan didapatkan di Indonesia.


Menariknya, kedua peristiwa tersebut mempunyai benang merah yang cukup jelas, yaitu sama-sama menyasar polisi sebagai korbannya. Apapun yang menjadi motivasi aksi teror ini harus segera ditangkap dan dilumpuhkan. Apalagi mereka punya persenjataan militer, maka bisa menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi siapapun dan bukan hanya di Solo.


Mengutip dari sini, kalau tindakan teror itu adalah the unlawful use of force or violence against person or property to intimidate or coerce a government, the entire population, or any segment thereof, in furtherance of political or social objectives. (Terorisme, adalah suatu bentuk tindak kekerasan pelanggaran hukum yang ditujukan kepada masyarakat atau kelompok tertentu masyarakat, namun sasaran utamanya, sesungguhnya, adalah pemerintahan yang sah dalam upaya untuk mewujudkan suatu cita-cita politik). (Federal Bureau of Investigation (FBI), dikutip Jurnal Srigunting.)


Jadi apa kira2 pesan yang ingin disampaikan oleh para pelaku teror tersebut?


Jokowi adalah pemimpin pemerintahan di Kota Solo, dan seperti sudah diketahui bersama seputar pertarungannya dalam perebutan kursi Gubernur DKI Jakarta, September mendatang. Adakah dua kejadian itu terkait dengan pencalonan Jokowi? Semoga tidak ada kaitan satu sama lain terkait tindakan teror itu. Sebenarnya Solo adalah kota yang damai, mari dijaga tetap begitu....Semoga para pelaku bisa segera teridentifikasi dan segera tertangkap.

0 comments:

Post a Comment