8/22/2012 02:14:00 PM
0

Setiap pertandingan Timnas Indonesia pada piala AFF yang lalu, suporter Indonesia selalu menyanyikan lagu untuk menyemangati Timnas, salah satu lagu yang wajib dinyanyikan adalah lagu Garuda di dadaku.

Sebenarnya ada rahasia tersembunyi di balik lagu Garuda di dadaku , lirik lagu tersebut diciptakan dari belakangnya dulu: "Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku".yang diciptakan oleh seorang fans sepak bola bernama Ferry Indra Syarief. Iramanya diambil dari lagu tradisional Papua, Apuse.

Baru pada lirik depannya diciptakan oleh Netral, seperti: Ayo putra bangsa, harumkan negeri ini.... Lirik yang menggelorakan semangat nasionalisme itu memang diilhami yel yang biasa dinyanyikan pendukung sepak bola. Netral sendiri tidak terlalu pusing dengan hak cipta lagu tersebut, bahkan berharap lagu tersebut digunakan juga untuk olahraga lain seperti bulu tangkis.

Sejauh ini Indonesia memang kekurangan lagu-lagu populer yang bernuansa kebangsaan atau membangkitkan semangat nasionalisme. Saat ini saja hanya ada dua lagu pop yang ngetop sebagai pembangkit semangat kebangsaan, yakni lagu Garuda di Dadaku (Netral) dan Bendera (Coklat).

Sumber : Tribun Pekanbaru

0 comments:

Post a Comment