6/30/2020 11:00:00 PM
0

Windows 10 sudah memasuki tahap uji coba publik atau beta-test dan dalam beberapa bulan lagi siap diliris massal. Nah, pertanyaannya, apakah komputer atau laptop Anda bisa menjalankannya?

Ternyata, tidak sembarang PC bisa berjalan dengan Windows 10, sebab Microsoft telah memberikan syarat spesifikasi untuk pemakaian OS terbaru Microsoft itu. Lalu, apa saja syaratnya?

1. Pakai OS Windows paling update

Untuk bisa menjalankan Windows 10, pastikan PC Anda sebelumnya sudah menggunakan OS Windows 7 atau 8.1. Bagi pengguna yang sudah memiliki Windows 7 atau 8.1 original, mereka bisa mendapatkan Windows 10 dengan gratis.

Di sisi lain, bagi mereka yang hanya memiliki versi bajakannya saja, harus membelinya di toko online Microsoft saat Windows 10 sudah dirilis nanti.

2. Prosesor

Performa prosesor juga mempengaruhi bisa tidaknya pemakaian Windows 10. Dalam hal ini, PC Anda sudah harus menggunakan prosesor dengan kecepatan minimal 1 gigahertz (GHz). Namun, demi performa Windows 10 yang lebih baik, disarankan untuk memakai prosesor lebih dari 1 GHz.

3. RAM

Jika prosesor yang dibutuhkan minimal 1 GHz, maka Microsoft mensyaratkan minimal memori RAM berkapasitas 1GB untuk prosesor berarsitektur 32-bit. Sementara untuk prosesor 64-bit (terbaru), minimal RAM yang dibutuhkan 2GB.

Soal kapasitas minimal hard disk yang bisa menjalankan Windows 10 juga dipengaruhi oleh prosesor. Bagi prosesor 32-bit, diperlukan hard-disk minimal 16GB. Sedangkan untuk prosesor 64-bit, kapasitas minimal hard-disk adalah 20GB.

5. Kartu grafis

Bagi Anda yang doyan ngegame di PC, syarat satu ini mungkin bukan masalah serius, sebab Microsoft hanya mensyaratkan kartu grafis minimal DirectX 9 dengan tambahan driver WDDM 1.0.

6. Layar

Soal layar, tidak dibutuhkan bentang layar tertentu untuk menjalankan OS Windows 10 mengingat OS ini disiapkan untuk semua jenis gadget. Syarat yang diberikan Microsoft hanya layar itu minimal harus mempunyai resolusi 800 x 600 piksel.

Selain syarat spesifikasi PC di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna, misalnya kompatibilitas beberapa aplikasi. Microsoft lewat situs resminya menyatakan bila ada beberapa aplikasi lama di Windows 7 dan 8.1 yang mungkin tidak bisa dijalankan di Windows 10. 

0 comments:

Post a Comment