1/12/2013 11:41:00 PM
0

Sariawan merupakan suatu kelainan berupa luka atau peradangan yang terjadi pada lapisan lendir di mulut yang disebabkan karena hal-hal tertentu. Sariawan bisa timbul pada lidah, gusi, pipi, atau langit-langit mulut. Umumnya berbentuk bundar berwarna putih hingga kekunging-kungingan dan munculnya sering kali disertai dengan rasa sakit yang cukup menyiksa.

penyebab sariawan
Penyakit ini umum terjadi di masyarakat.Walaupun tergolong penyakit yang tidak berat karenag bisa sembuh dengan sendirinya paling tidak selama seminggu,tetapi jika terlalu lama akan sangat mengganggu,terutama saat makan.

Penyebab Sariawan

Sering kali kita melalaikan hal berikut ini yang menyebabkan kita kena sariawan.Berikut adalah penyebab sariawan yang perlu diketahui :

1.Adanya Jamur dan Bakteri Penyebab Sariawan
Bakteri penyebab sariawan sangat mudah masuk melalui makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi. Jika kita tidak sering membersihkan rongga mulut secara teratur bakteri akan mudah berkembang biak di dalam mulut. Biasanya bakteri akan menempel di rongga mulut, kemudian akan menyebabkan peradangan.

2.Kurangnya Asupan Nutrisi
Asupan nutrisi sangat penting di sini. Kurangnya asupan nutrisi berupa Vitamin C, Vitamin B12, dan zat besi akan memacu timbulnya sariawan. Biasanya gejalanya tidak hanya sariawan, namun disertai juga dengan bibir pecah-pecah atau gusi yang mudah berdarah.Sehingga diperlukan asupan nutrisi yang baik setiap hari untuk mencegah terjadinya sariawan.

3.Terganggunya Imunitas Tubuh
Biasanya ketika seseorang lambungnya panas, akan muncul sariawan di lapisan lendir mulut yang disertai dengan nafas panas dan berbau tidak sedap. Seringkali dijumpai pula gejala tenggorokan terasa kering. Kebanyakan orang awam menyebut kondisi ini panas dalam.

4. Gangguan Hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi) .

5.Alergi Terhadap Makanan (seperti cabai dan nanas).

6.Penyebab Eksternal Lain 
Ada beberapa penyebab dari luar tubuh yang juga bertanggung jawab atas munculnya sariawan. Beberapa penyebab sariawan yang paling umum adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigit, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi. Selain itu kondisi psikologi seseorang seperti stress juga bisa memperngaruhi timbulnya sariawan.
 

Nah itu dia penyebab sariawan yang perlu diketahui.Dengan mengetahui penyebabnya,Anda bisa melakukan pencegahan sariawan sedini mungkin ,sebelum terjadi sariawan pada diri Anda.

SUMBER

0 comments:

Post a Comment