10/26/2012 11:11:00 AM
5
Anda mungkin sudah membaca tentang PC yang terinfeksi di Cina dengan malware di pabrik-pabrik sebagai bagian dari proses manufaktur. Jika Anda belum pernah mendengarnya, maka pertama-tama saya sarankan Anda membaca artikel Awas, Malware Nitol diinstal di Pabrik perakitan PC di Cina sebelumnya, karena Anda akan akan mendapatkan semua informasi yang relevan mengenai hal ini. Singkatnya: Microsoft membeli ukuran sampel kecil dari 20 PC baru di China secara acak untuk menganalisis secara rinci. Perusahaan menemukan bahwa tidak ada lisensi Windows yang asli, dan malware ditemukan terinstal pada empat PC dari dua puluh PC tersebut (20%).


Tips:
Lakukanlah Scan Malware saat pertama kali beli PC baru khususnya PC dari Cina.

Meskipun tidak secara tegas disebutkan dalam artikel, ada kemungkinan bahwa semua PC telah diproduksi untuk pasar domestik dan bukan untuk tujuan ekspor. Namun, malware yang diinstal pada PC Windows selama manufaktur harus memperhatikan semua pengguna Windows, karena mayoritas PC bisa diproduksi di negara-negara seperti China. Bahkan jika kemungkinan bahwa PC diekspor terinfeksi dengan malware adalah tipis, kita harus menyadari bahwa hal ini tentu masih ada kemungkinan.

Untuk menghindari mengoperasikan PC yang terinfeksi, pengguna Windows yang membeli PC baru, dan ini termasuk PC desktop, laptop, dan tablet, harus memindai secara menyeluruh sebelum mereka menjalankannya. Cara terbaik untuk mencapai itu adalah dengan menggunakan software antivirus yang Anda dapat boot (bootable). Berikut adalah pilihan program terbaik yang dapat Anda gunakan untuk itu:

1. BitDefender Rescue CD - Ini adalah aplikasi gratis yang diberikan oleh BitDefender untuk dapat booting sebelum windows, berguna untuk menghapus malware, virus, trojan dan rootkit. Cara menggunakannya dapat dilihat di sini.

2. Avira AntiVir Rescue System - Powered by populer Avira antivirus technologie. Upload ini memiliki ukuran sekitar 250 Megabyte. Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan dieksekusi setelah download selesai. Ini memicu dialog disc pembakaran yang memungkinkan Anda untuk membakar sistem penyelamatan ke CD atau DVD. Anda kemudian perlu boot PC baru dari disk untuk mengakses scanner virus dan scan PC.

3. Dr Web LiveCD - Dr.Web CureIt adalah program lain yang saya gunakan secara teratur untuk memindai PC untuk infeksi virus. Live CD ditawarkan sebagai ISO image yang Anda butuhkan untuk membakar ke disk. Ada juga versi yang Anda dapat menempatkan pada USB Flash Drive.

4. Kaspersky Rescue Disk 10 - Yang satu ini ditawarkan sebagai citra ISO juga yang Anda butuhkan untuk membakar ke CD atau DVD.



Alternatif:
5. AVG Rescue CD,
6. F-Secure Rescue CD,
7. Panda SafeDisk,
8. Norton Bootable Recovery Tool

Proses diatas selalu mengandung dua langkah: membakar live CD ke disk atau salin ke USB Flash Drive untuk boot PC Anda dari disk atau perangkat sesudahnya. Saya sarankan untuk menjalankan setidaknya satu, lebih baik dua, program keamanan yang berbeda untuk memastikan PC Anda bersih sebelum Anda mulai boot ke sistem operasi itu sendiri.

Anda mungkin mengalami beberapa masalah ketika melakukannya tergantung pada malware yang beroperasi pada PC.

Akhir kata
Ini mungkin terlihat seperti berlebihan dan saya setuju bahwa kemungkinan membeli PC terinfeksi dari pabrik di berbagai belahan dunia adalah sangat kecil. Namun, saya lebih baik aman daripada menyesal, dan karena itu tidak harus benar-benar butuh waktu yang lama untuk memindai PC.

Hal lain: ini bukan masalah yang terbatas pada PC Windows. Karena malware terinstal selama manufaktur, perangkat apapun dapat dipengaruhi oleh hal ini. Dan ya, ini termasuk Linux dan sistem Mac. Gunakan anti malware yang support untuk linux dan mac jika anda penggunanya.

5 comments:

  1. Untuk jaga-jaga, saya setuju untuk mescan komputer kita dengan antimalware karena malware-malware selain merusak kinerja juga ada yang mengambil data penting dari komputer kita

    ReplyDelete
  2. wow keren broo..nice info

    ReplyDelete
  3. @padepokan Komputer Online :silahkan gan ^^

    ReplyDelete
  4. @anonim : sama sama bro mampir k sini terus ya ^^

    ReplyDelete
  5. I've been using AVG protection for a number of years now, and I would recommend this antivirus to everybody.

    ReplyDelete