9/12/2012 07:35:00 PM
1
Tim Berners-Lee - Penemu WWW. Mungkin banyak diantara kita yang berkecimpung di dunia internet mengenal Bill Gates, tapi tahukah kamu bahwa ada tokoh yang sangat penting yang menciptakan WWW (World Wide Web) yang menjadi cikal bakal lahirnya situs dunia. Ia adalah Sir Tim Berners-Lee.





Sir Tim Berners-Lee lahir di London, Inggris, pada 8 Juni 1955. Ia dikenal sebagai penemu World Wide Web. DUnia web yang telah dibangun Berners-Lee telah mengubah wajah dunia kita dengan cepat. Arus informasi bisa mengalir dalam hitungan detik ke segala penjuru dunia.

Sejarah ditemukannya web bermula ketika Berners-Lee menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan, dan menjelajah dunia maya dalam komputer. Saat itu, lulusan terbaik Fakultas Fisika Queen's College, Oxford University, London menemukan sistem alamat website beserta tampilannya di Swiss pada tahun 1991.

Pada 1980, ketika menjadi kontraktor bebas di CERN atau European Particle Physics Laboratory di Jenewa (sebuah lembaga ilu pengetahuan terkemuka di Eropa), Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi diantara para peneliti. Dengan bantuan Robert Cailliau, ia menciptakan sebuah prototipe bernama Enquire.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer System Ltd, ia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Ia menggunakan ide mirip yang telah ia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, dimana ia membangun dan mendesain browser yang pertama (bernama World Wide Web dan dikembangkan dalam NeXSTEP) dan server web pertama bernama http.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Selama rentang tahun 1991 sampai 1993, Berners-Lee terus berupaya membuat web agar bisa tampil maksimal. Ia mulai membuat perancangan untuk halaman web sekaligus mengkoordinasi masukan dari para pengguna di internet. Ia juga tercatat sebagai orang pertama yang membuat browser, server, dan kunci protokol untuk internet. Hasil karyanya dalam membuat alamat URL, penggunaan HTTP, dan pengodean HTML terbukti berhasil dan menjadi kemajuan besar dalam perkembangan teknologi web.

Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusets Institute of Technology. Konsorsium ini mengkoordinasi pengembangan web di seluruh dunia. Tujuannya untuk merealisasikan potensi web secara maksimal, dan memastikan kestabilannya di tengah arus perubahan dan transformasi penggunaannya yang berjalan secara revolusioner. Hingga kini, Berners Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer.

Tim Berners-Lee

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah tidak mematenkan sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Atas jasa-jasanya, pada bulan juni 2007 Berners-Lee mendapatkan salah satu penghargaan paling bergengsi di Inggris Raya, yaitu Order of Merit. Order of Merit sendiri adalah penghargaan personal Ratu Inggris, dimana sang Ratu tidak membutuhkan nasihat dari siapapun untuk memberikannya. Hanya 24 orang yang sampai sekarang masih hidup mendapatkan kehormatan ini. Sebelumnya, Berners-Lee juga diberi penghargaan sebagai Greatest Britons atau "Orang Inggris Terbesar" dalam sebuah upacara pada tahun 2004.

Sekian.....

1 comments:

  1. BlueHost is ultimately one of the best hosting provider with plans for all of your hosting requirements.

    ReplyDelete