9/02/2012 05:47:00 AM
0



Komputer analog adalah suatu bentuk komputer yang menggunakan aspek-aspek berkelanjutan dan kemudian  berubah dalam bentuk fisik dan juga kuantitas listrik yang digunakan sebuah komputer, komputer analog ini bermodelkan hidrolik dan mekanik. komputer Ini berbeda dengan komputer digital, yaitu kuantitas yang berbeda serta bertambah, dan nilai numerikpun berubah

Komputer analog memiliki tingkat Kompleksitas yang sangat luas penggunaannya. Mistar geser dan nomograf adalah bentuk komputer analog yang termudah.

Komputer digital memiliki beberapa tingkat Kompleksitas minimum (dan secara besar) yang adalah lebih besar dari komputer analog yang lebih mudah. Kompleksitas ini diperlukan untuk melaksanakan penyimpanan komputer tersebut, dan dalam banyak penggunaannya komputer ini digunakan untuk menciptakan produksi yang secara lebih lanjut disesuaikan pada penggunaan kegiatan manusia lainnya.

Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya.

komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk mengatur denyut jantung.

Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berbentuk graif atau bentuk dial. Contohnya pada besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal.
Komputer Analog (Sumber gambar : callisphere)

Kekurangan jenis komputer ini terletak pada ketepatannya bila dibanding dengan komputer digital yang lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment