9/02/2012 04:58:00 AM
0
Pada Windows 7 terdapat sebuah fitur bernama User Account Control atau disebut UAC. Fitur ini muncul pada Windows 7 sebagai Popup Window untuk meminta Permission segala hal yang berkaitan dengan perubahan sistem. Sebagai keamanan sistem operasi fitur ini memiliki peran yang bagus, tapi bisa mengganggu kenyamanan pengguna ketika UAC selalu memunculkan notifikasi padahal pengguna itu sendiri sudah merasa aman dengan perubahan sistem yang dilakukan.
Tampilan Notification
Di Windows 7 sendiri UAC bisa diatur tingkatannya sesuai dengan keinginan pengguna. Mengatur sensitifitasnya agar popup window bisa muncul di saat yang tepat atau bahkan menonaktifkannya sama sekali. Pengaturan UAC bisa Anda buka melalui Start menu > Getting started > Change UAC Setting.
Membuka User Account Control Settings
Atau melalui Control panel > All Control Panel items > User Accounts > Change User Account Control Setting. UAC juga merupakan salah satu sisi keamanan yang ada di dalam User Account Windows sendiri. Terdapat empat level pengaturan pada UAC yang disajikan dalam bentuk slider. Untuk mengubah pengaturan tinggal menyesuaikan nilai slider dengan level yang diinginkan.
Tampilan Always Notify
Pada level tertinggi yaitu Always notify, notifikasi akan selalu muncul pada saat ada perubahan sistem seperti instalasi program, atau pengaturan konfigurasi sistem lainnya. Saat muncul notifikasi, sistem akan melakukan dim display yang menandakan pengguna harus memilih opsi yang dikeluarkan sebelum diijinkan untuk melakukan hal lainnya. Jika pengguna ingin mempercayakan keamanan sepenuhnya pada sistem, maka level ini adalah pilihan yang tepat.
Tampilan Default Notify
Selanjutnya setingkat lebih rendah dari Always Notify dan level ini merupakan Level Default yang ada Windows 7. Notifikasi muncul jika Anda hendak melakukan instalasi program yang mempengaruhi sistem, dan notifikasi tidak keluar jika ingin mengubah konfigurasi sistem Windows. Direkomendasikan bagi pengguna yang menggunakan program-program umum.
Setingkat dibawah level default setting, sebenarnya memiliki karakter yang sama dengan level sebelumnya hanya saja pada saat notifikasi tidak berada pada kondisi desktop yang aman. Ini berarti pada saat muncul notifikasi, program yang lain masih bisa berjalan tanpa harus memenuhi opsi dari notifikasi.
Tampilan Never Notify
Level terbawah merupakan  Never Notify yang berarti notifikasi tidak akan muncul pada saat Anda melakukan perubahan pengaturan sistem atau instalasi program. Ini merupakan level dengan tingkat keamanan terendah yang berarti setiap pengguna dalam sesi administrator bisa mengubah seluruh sistem tanpa ada peringatan, dan jika pengguna dalam sesi standard user dalam melakukan perubahan sistem atau instalasi program akan langsung ditolak. Saat memilih level ini, komputer perlu di restart agar sistem bisa menonaktifkan UAC.
Setiap level UAC memiliki tingkat keamananan yang berbeda dan juga tingkat kenyamanan yang berbeda. Bagi pengguna yang paham akan sistem yang dipegang dan ingin memiliki kontrol penuh, level Never Notify tentu bukan menjadi masalah. Tapi untuk pengguna umum, disarankan untuk penggunaan Default Setting. Gabungkan manajemen User Account, Parental Control, dan User Account Control agar mendapatkan hasil terbaik dari keamanan dan kenyamanan berkomputer khususnya untuk keluarga.

0 comments:

Post a Comment