9/09/2012 06:11:00 AM
0
Berikut ini adalah artikel yang membahas mengenai daftar tari daerah indonesia secara lengkap. Saya berusaha menulis dan mengumpulkan daftar tari ini selengkap mungkin namun karena sangat banyaknya tarian tradisional di Indonesia, punulis sadar pasti banyak sekali tari-tarian yang belum tertulis di artikel ini. Mohon koreksinya. Silahkan simak daftar tari daerah selengkapnya di bawah ini.

1) Tari Daerah Istimewa Aceh
Tari yang paling populer di Aceh adalah tari seudati yang merupakan akulturasi dari budaya Arab.
Sedangkan yang kedua adalah Tari Saman Meuseukat. Tari ini dilakukan dengan duduk berjajar diiringi musik yang dinamis. Tari ini diiringi dengan syair yang mengajarkan kebaikan bersumber dari ajaran Islam.
2) Tari Daerah Bali
Tari asli Bali yang sangat populer tidak hanya di Bali namun juga seluruh dunia adalah tari Kecak. Jalan cerita pada tari ini diambil dari kitab ramayana yang berkisah tentang seekor monyet.
Tari lainnya adalah tari Legong yang berkisah tentang kisah asmara raja dari lasem.
Tari pendet juga sangat terkenal di Bali. Tari ini sebenarnya merupakan tari ritual keagamaan umat Hindu Bali. Tari ini menggambarkan sebuah penyambutan turunnya dewa ke bumi. Namun saat ini tari pendet sudah diadaptasi sebagai tari penyambutan tamu terutama pada para wisatawan yang datang ke pulau dewata.
3) Tari tradisional daerah Bengkulu
Tari Andun, merupakan salah satu tari tradisional dari daerah bengkulu tepatnya bengkulu selatan. Sama seperti tari pendet dari daerah Bali, tari Andun dipakai sebagai tari untuk menyambut tamu istimewa.
Tari Bidadari Teminang Anak yang dalam bahasa Indonesia berarti tari bidadari menimang anak. Merupakan tari adat yang berasal dari rejang lebong.
4) Tari dari daerah DKI Jakarta
Tidak jauh berbeda dengan bali dan bengkulu, jakarta juga mempunyai tari untuk menyambut tamu istemwa yaitu tari topeng yang merupakan tari tradisional betawi.
Sebelum melanjutkan membacanya, silahkan di like dulu...
Selain tari topeng, tari yopong juga merupakan tari dari daerah DKI Jakarta yang digunakan sebagai tari untuk menyambut tamu terutama tamu negara.
5) Tari tradisional daerah Jambi
Tari dari jambi yang pertama adalah tari sekapur sirih, tari yang mempunyai banyak persamaan dengan tari melayu ini merupakan tari persembahan.
Selanjutnya ada tari selampir delapan, tari ini sangat digemari oleh masyarakat jambi. Merupakan tari pergaulan muda-mudi daerah jambi.
6) Tari tradisional Indonesia daerah Jawa Barat
Tari topeng kuncaran, sebuah tari yang berkisah tentang seorang raja yang marah karena cintanya ditolak.
Tari merak, tari ini terinspirasi dari keindahan burung merak.
7) Tari tradisional Indenesia daerah Jawa Tengah
Tari yang sangat terkenal dari daerah jawa tengah adalah tari serimpi, merupakan tari keraton yang penuh kelembutan dan keanggunan.
Selanjutnya ada tari blambangan cakil, tari ini bercerita tentang perjuangan Srikandi melawan buto cakil (raksasa jahat).
8) Tari dari daerah Jawa Timur
Tari yang paling terkenal berasal dari daerah Jawa Timur adalah tari remong. Tari ini berasal dari Surabaya melambangkan kepahlawanan, biasanya dipakai sebagai tari untuk penyambutan tamu.
Reog Ponorogo, semua orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu kesenian yang masuk dalam kategori tari ini. Tari yang melambangkan keperkasaan ini sempat menjadi bahan rebutan dengan negara tetangga dan sempat membuat hubungan Indonesia dengan malaysia sedikit memanas.
Sementara itu dulu daftar tari daerah indonesia yang bisa kami kumpulkan. Insya Allah nanti akan kita update lagi dengan daftar yang lebih lengkap karena membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan semua info tersebut. Jika ada info yang keliru kami mohon koreksi dari anda. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan melalui kolom komentar. Kami mohon maaf jika ada kekeliruan info.
Tema artikel: membuat artikel tarian indonesia berikut gambarnya, download presentasi power point tarian jawa timur, daftar tarian dari jawa timur

0 comments:

Post a Comment