8/27/2012 03:49:00 PM
0

Cara Hindari Malware Ponsel AndroidCara Hindari Malware Ponsel Android | Banyak aplikasi Android bisa Anda download secara gratis dari internet, namun banyak yang tidak aman alias disisipi malware. Walaupun Anda mengunduhnya melalui Android Market, tidak tertutup kemungkinan bahwa aplikasi tersebut berbahaya. Apalagi jika didapat dari situs yang tidak jelas sumbernya.

Akibat buruk dari aplikasi berbahaya adalah kandungan malware yang mungkin bisa mencuri data-data pribadi lagi, atau lebih buruk lagi merusak ponsel Anda.

Berikut beberapa tips cepat yang bisa anda lakukan untuk menjaga ponsel Android Anda dari malware.
  1. Selalu mencari informasi tentang pembuat aplikasinya. Lihat apa yang ditawarkan oleh aplikasi lain. Apakah mereka terlihat cukup mencurigakan. Jika iya, lebih baik tidak menggunakannya
  2. Baca ulasan mengenai aplikasi itu secara online. Ulasan yang ada di Android Market tidak selalu bisa dipercaya. Coba jelajahi dunia maya untuk melihat situs yang punya reputasi baik.
  3. Selalu cek adakah persetujuan dari aplikasi terkait. Ketika Anda mengunduh atau mengupdate aplikasi, beberapa mungkin membutuhkan persetujuan untuk itu. Namun ada juga aplikasi yang tidak butuh seputar informasi mengenai kontak Anda.
    Perlu diperhatikan: jika sebuah aplikasi meminta lebih dari apa yang dia butuhkan untuk melakukan tugasnya, lewatkan saja.
  4. Hindari menginstal langsung Android Package (APK). Ketika game Angry Birds pertama kali datang untuk Android, ia hanya bisa didapat melalui pihak ketiga. Ini disebut ?sideloading? atau menginstal aplikasi melalui dokumen berformat .APK.

    Meskipun Angry Birds bukan malware, sangat direkomendasikan untuk tidak mengunduh dan menginstal sembarang file .APK yang ditemui. Tidak akan tahu apa yang dikandung file sebelum kau menginstallnya-dan itu sudah terlambat.
  5. Gunakan malware atau scanner antivirus di ponsel. Banyak perusahaan keamanan jaringan sudah menyediakan aplikasi antivirus gratis.

0 comments:

Post a Comment