8/18/2012 03:45:00 PM
0
Autisme dan Retardasi Mental. Hampir 80 persen anak-anak autistik memiliki skor di bawah 70 pada berbagai tes intelegensi terstandar. Karena sejumlah besar anak-anak yang menderita autisme juga mengalami retardasi mental, kadang sulit membedakan kedua disabilitas tersebut.
Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan penting di antara keduanya. Meskipun anak-anak dengan retardasi mental biasanya memiliki skor rendah dalam semua bagian dan suatu tes intelegensi, skor anak-anak dengan autisme dapat memiliki pola yang berbeda. Secara umum, anak-anak dengan autisme lebih buruk dalam mengerjakan tugas-tugas yang memerlukan pemikiran abstrak, simbolisme, atau logika sekuensial, yang kesemuanya berhubungan dengan kelemahan bahasa mereka (Carpuan pentieri & Morgan, 1994).
Mereka biasanya mendapatkan nilai yang lebih baik pada. berbagai item yang memerlukan keterampilan visual-spasial, seperti mencocokkan rancangan dalam tes-tes rancangan balok dan merakit objek yang belum dirakit (Rutter, 1983). Kadang mereka dapat memiliki keahlian khusus yang mencerminkan talenta besar, seperti kemampuan mengalikan dua angka empat digit dengan cepat tanpa alat bantu apa pun. Mereka juga dapat memiliki memori jangka panjang yang luar biasa, mampu mengingat dengan tepat syair sebuah lagu yang didengar bertahun-tahun lalu. Perkembangan sensorimotorik merupakan bidang kekuatan relatif yang terbesar pada anak-anak dengan autisme. Anak-anak tersebut, yang dapat menunjukkan kelemahan berat dan sangat berat dalam kemampuan kognitif, dapat cukup elegan dan ahli dalam berayun, memanjat, atau keseimbangan, sementara anak-anak dengan retardasi mental jauh lebih lambat dalam perkembangan motonik
Daftar Pustaka
Davinson, Gerald . Psikologi Abnormal/Gerald C. Davinson, Jhon M. Neale, Ann M. Kring; Penerjemah, Noermalasari Fajar.- Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada, 2006. XXVII, 1048 hal. ;26 cm. Biblografi : hal 949 Judul asli : Abnormal Psychology

0 comments:

Post a Comment