1/24/2012 08:35:00 AM
0
Para ilmuwan mengungkapkan ikan spookfish memiliki cermin dan lensa untuk membantunya melihat kedalaman laut keruh. Spookfish brownsnout sudah dikenal sejak 120 tahun yang lalu, namun baru kali ini bisa berhasil ditangkap hidup-hidup. Ikan ini pernah ditangkap sekali oleh para ilmuwan dari Universitas Tuebingen, Jerman.

Menurut laporan dari tim di Current Biology, Ikan ini merupakan hewan vertebrata yang diketahui ternyata memiliki cermin yang ia kembangkan untuk memfokuskan cahaya ke matanya. Spookfish adalah nama yang diberikan untuk sekelompok spesies ikan laut yang unik, ia ditemukan di perairan tropis beriklim sedang di Samudra Atlantik, Pasifik, dan India.



Spookfish brownsnout merupakan hewan langka, ia pernah ditangkap tahun lalu oleh Profesor Hans-Joachim Wagner, dari Universitas Tuebingen di sekitar New Zealand dan Samoa. Jika Dilihat dengan lebih detil, hewan ini memiliki empat mata, yang secara teknis memiliki dua bagian yang dihubungkan. Spookfish membutuhkan waktu satu setengah dari permukaan laut 1.000 m untuk menangkap cahaya yang samar dari kacamatnya tersebut.

Jika dilihat dari bahwa, cermin mata (merah) akan fokus ke kedalaman cahaya. Ini adalah maya yang paling unik diantara semua vertebrata karena menggunakan cermin untuk menciptakan gambarnya.
Prof Partridge mengatakan, "Sangat sedikit cahaya yang menembus sekitar 1.000 m di bawah air dan seperti ikan laut lainnya, spookfish yang menyesuaikan untuk melihat dengan cahaya yang ada. "Pada kedalaman ini, kilatan cahaya hewan lain lah yang spookfish cari, gambar divertikular mata ini berkedip, merupakan tanda bahwa spookfish merupakan hewan yang aktif, dan sebaliknya yang tak terlihat , bawah perutnya merupakan bagian yang rentan."

0 comments:

Post a Comment