1/15/2012 10:32:00 AM
0
Hewan Laut yang Melahirkan - Tulisan ini akan membahas mengenai contoh nama hewan laut yang melahirkan atau yang disebut juga dengan hewan mamalia yang hidup di laut. Berikut adalah hewan laut yang meliharkan selengkapnya:
1. Manatees

Manatees disebut juga sapi laut adalah hewan mamalia yang hidup di laut. Memiliki ciri-ciri tubuh lebih membulat dibandingkn duyung, serta bulu pada manatees lebih tebal dibandingkan duyung. Pada moncong tumbuh rambut atau seperti kumis putih. Sapi laut biasanya suka hidup di perairan dangkal dekat pantai. Ukuran tubuhnya bisa sepanjang 7,6 meter dan warnanya kelabu kecokelatan dengan pola polka dot samar.

2. Dugong atau Duyung

Merupakan mamalia air atau binatang menyusui yang hidup di air. Ciri-ciri hewan ini bernafas dengan paru-paru dan berkembang biak dengan melahirkan. berat badan duyung mencapai 500 kg, dan panjang tubuhnya 3 meter. Ciri yang lebih khas adalah mamae ikan duyung berada diantara dua sirip samping. Dugong berwarna cokelat kelabu, dan mampu hidup sampai usia 70 tahun.

3. Singa laut

Singa laut adalah hewan yang juga termasuk kedalam mamalia air dan juga termasuk kelompok anjing laut tetapi berbeda family. Memiliki lebih banyak rambut dan lebih gemuk (badan tidak rata), bagian leher atas lebih menonjol daripada anjing laut. Pada Peruvian Sea Lion ciri-cirinya agak gemuk, lingkar badannnya 50 cm. dan warna bulunya kekuning-kuningan.

4. Anjing laut

Anjing laut adalah mamalia besar yang termasuk ordo karnivora dan hidup di daerah sejuk dan air. Memiliki ciri-ciri dengan tubuh licin dan cukup besar, sebagian besar hidupnya dilakukan di habitat aquatik. Kaki depannya digunakan sebagai tangan yang ukurannya cukup besar dan berbentuk seperti sirip.

5. Paus

Paus atau lodan (khusus yang bergigi dan bukan berukuran kecil) adalah sekelompok mamalia yang hidup di lautan. Sebutan "paus" diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus bukan tergolong dalam keluarga ikan. Paus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

- bernafas menggunakan paru-paru
- mempunyai rambut (sedikit, kebanyakan ada di paus dewasa)
- berdarah panas
- mempunyai kelenjar susu
- mempunyai jantung dengan empat ruang
Itulah beberapa contoh nama hewan laut yang melahirkan. Semoga dengan tulisan ini dapat membawa manfaat bagi teman-teman semuanya, khususnya bagi kamu yang mungkin sedang mencari tugas sekolah tentang topik hewat laut atau hewan mamalia yang hidup di laut. Semoga bermanfaat... ^_^

0 comments:

Post a Comment