8/27/2011 02:21:00 PM
0
Perlakuan terhadap hamster yang hamil berbeda dengan perlakuaan terhadap hamster yang tidak hamil. Beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan sebagai berikut.
 
 
 
 
  1. Hamster yang sedang hamil harus diletakkan ke tempat yang telah disediakan agar calon induk dapat membangun sarangnya dan menunggu kelahiran bayinya dengan tenang tanpa gangguan.
  2. Memisahkan betina hamster yang hamil dari jantannya agar hamster jantan tidak membuahinya lagi. Jika hamster jantan tetap membuahi akan terjadi kehamilan bersambung, yakni betina akan hamil lagi, tidak lama setelah melahirkan. Hamster betina yang mengalami hal seperti ini sering mengalami kematian karena gagal melahirkan anaknya atau mati dalam keadaan hamil akibat jarak kehamilan yang terlalu dekat dan kondisi fisik yang belum sempat pulih.
  3. Memberikan asupan gizi yang cukup dengan menambahkan bubuk susu atau putih telur yang direbus ke dalam menu pakannya. Putih telur banyak mengandung protein dan sangat baik bagi kesehatan ealon induk hamster dan bayinya.
  4. Memberikan sedikit irisanbuah apel yang dapat ditambahkan bubuk susu setiap hari.
  5. Mengganti alas tidur dengan ketebalan yang cukup pada hari ke-14.
  6. Memindahkan atau mengeluarkan semua mainan dari dalam kandang dan menempatkan kandang di temp at yang tenang.
  7. Hamster betina boleh dijodohkan kembali setelah beristirahat selama 1-1,5 bulan setelah anak-anak yang dilahirkan disapihnya.

0 comments:

Post a Comment